Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 Pemikiran Ki Hajar Dewantara

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam guru penggerak !!!

Perkenalkan nama saya Hayardin,S.Pd Peserta Pendidikan Guru Penggerak angkatan 11 dari UPTD SD Negeri 3 Barru Provinsi Sulawesi Selatan. Pada Artikel kali ini saya akan memaparkan kesimpulan dan refleksi pengetahuan dan pengalaman baru yang saya pelajari dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara.

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 Pemikiran Ki Hajar Dewantara

Pada artikel kali ini saya akan merefleksikan diri saya melalui tiga pertanyaan berikut

  1. Apa yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas Sebelum saya mempelajari modul 1.1
  2. Apakah yang berubah dari pemikiran atau perilaku saya Setelah mempelajari modul 1.1
  3. Apa yang dapat segera saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran ki Hajar Dewantara

Sebelum mempelajari dan memahami modul 1.1 Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional, yang intinya menjabarkan tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara, yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran dikelas Sebelum saya mempelajari modul 1.1 antara lain sebagai berikut :


Yang Pertama Pembelajaran yang saya lakukan didalam kelas hanya sebatas mentransfer materi pelajaran saja dan menganggap ketuntasan dalam penyampaian materi lebih penting daripada memahami karakteristik peserta didik, saya cenderung menyamaratakan kemampuan peserta didik dengan melakukan pembelajaran yang sesuai dengan zona nyaman saya tanpa memperhatikan perbedaan yang ada pada peserta didik.

Yang Kedua dalam proses pembelajaran saya hanya melihat nilai murid dari aspek kognitif saja misalnya saat mereka mengerjakan soal berupa Tugas Harian, jika nilai peserta didik saya sudah mencapai KKM maka dinyatakan bahwa pembelajaran sudah berhasil, dan apabila dibawah KKM maka pembelajaran dianggap tidak berhasil.

Yang Ketiga dalam proses pembelajaran terkadang saya kurang memperdulikan apakah peserta didik sudah benar-benar paham dari materi yang telah saya ajarkan karena fokus utama saya lebih pada ketercapaian materi mengingat materi yang saya ajarkan sangat padat.

Setelah saya mempelajari modul 1.1, perubahan dari pemikiran atau perilaku yang saya alami adalah sebagai berikut :


Untuk perubahan pemikiran yang saya alami antara lain :

Yang pertama lebih menghargai setiap karakteristik belajar peserta didik, mereka terlahir berbeda pada setiap individu memiliki keunikannya masing-masing, saya sadar, dengan adanya perbedaan ini akan menjadikan pembelajaran lebih hidup dan lebih berwarna didalam kelas. Sebagai seorang Guru saya harus dapat menuntun anak sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya.

Yang kedua saya menyadari bahwa setiap peserta didik memiliki keunikannya masing-masing sehingga saya perlu melaksanakan proses pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan peserta didik yang tidak hanya berfokus pada kemampuan kognitif saja namun juga menuntun peserta didik memperoleh kecakapan hidup sehingga mencapai keselamatan dan kebahagiaan sebagai manusia dan masyarakat di era digitalisasi dimana teknologi berkembang semakin cepat dan pesat.

Yang ketiga saya lebih peduli agar peserta didik benar-benar paham pada materi yang saya ajarkan. saya lebih mengerti bahwa sebagai seorang guru kita bertugas untuk menuntun dan mengarahkan murid agar apa yang menjadi potensi murid tersebut dapat berkembang kearah yang lebih baik dan menjadi kekuatan bagi kodrat anak tersebut. Hal ini juga sesuai dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang kodrat alam dan kodrat zaman yang menjadi dasar pendidikan bagi anak.

Untuk perubahan perilaku yang saya alami antara lain :

Yang pertama saya dapat mengemas pembelajaran didalam kelas secara menarik agar motivasi belajar peserta didik lebih meningkat

Yang kedua lebih cermat melihat bakat dan minat peserta didik melalui observasi wawancara dan juga pendekatan personal agar guru bisa lebih dekat dengan peserta didik

Yang ketiga dalam pembelajaran seharusnya seorang guru dapat memerdekakan peserta didik salah satu contohnya adalah memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk menyelesaikan setiap tugas sesuai dengan minat bakat dan kreativitasnya masing-masing


Agar proses pembelajaran didalam kelas dapat mencerminkan pemikiran Ki Hajar Dewantara penerapan yang segera akan saya lakukan di dalam kelas antara lain sebagai berikut :

Yang pertama Saya akan melakukan proses pembelajaran yang berpusat pada murid dengan cara mengajar menggunakan model pembelajaran kooperatif yang lebih bervariasi dan inovatif yang bisa memancing pembelajaran didalam kelas bisa berpusat pada murid

Yang kedua saya akan melakukan proses pembelajaran yang selalu berpihak pada murid, saya akan melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman sesuai dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara bahwa, kodrat anak adalah bermain dan saya akan mengintegrasikan permainan ( quiz, inquiry, eksplorasi dan praktikum ) dalam pembelajaran agar suasana kelas menjadi lebih menyenangkan.

Yang ketiga saya akan menerapkan konsep Merdeka belajar dan mengintegrasikan setiap pembelajaran dengan pencapaian profil pelajar Pancasila. Konsep Merdeka belajar mengajarkan pendidik agar dapat memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk dapat bereksplorasi atas pengetahuannya dan menghasilkan ide-ide kreatif dan inovatif dari peserta didik.

Kesimpulan yang dapat saya tuliskan pada Modul 1.1 Pemikiran Ki Hajar Dewantara antara lain :

  1. Pendidikan dan Pengajaran tidaklah sama, pengajaran merupakan bagian dari pendidikan. Pengajaran merupakan proses Pendidikan dalam memberi ilmu atau berfaedah untuk kecakapan hidup anak secara lahir dan batin. Sedangkan Pendidikan memberi tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai seorang manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
  2. Pendidikan adalah menuntun peserta didik sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya
  3. Pendidikan sejatinya adalah menghamba pada peserta didik, menuntun dan melayani
  4. Pendidikan bukan hanya ilmu akademis saja namun perlu penanaman karakter dan budi pekerti yang baik.
  5. Pendidikan dan pengajaran di dalam kelas maupun di lingkungan sekolah harus sesuai dengan pemikiran Ki hajar Dewantara

Posting Komentar untuk "Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 Pemikiran Ki Hajar Dewantara"